Sekolahan Tercinta

Breaking

....Jangan sampai Ilmu memperbudak Iman MU....Dan Banyak nya ilmu JANGAN MEMBUAT mu SOMBONG tapi bersyukurlah dan tetap merasa RENDAH HATI...

Tuesday 8 August 2017

Diskusi Fiber Optic by : Mbah Suro


Assalamualaikum wr wb hari ini saya berdiskusi bersama Mbah Suro pembina BLC Telkom Klaten sekaligus juga pengurus yang ada di BLC. Sebelumnya kami membahas tentang Fiber Optic karena saat ini sudah mulai pengembangan dengan dunia Fiber contoh mudahnya saat ini, kita kenal dengan yang namanya Indihome. Ya itu termasuk tegnologi Fiber karena kelebihan yang mendukung dengan jaman maka sangat perlu kita sebagai seorang profesional dalam bidang IT kita jugak perlu paham walapun hanya sekedar konsep.

A. Pengertian :

Serat optik atau serat optik adalah serat fleksibel dan fleksibel yang dibuat dengan menggambar kaca (silika) atau plastik dengan diameter yang sedikit lebih tebal dari pada rambut manusia. [1] Serat optik digunakan paling sering sebagai alat untuk mentransmisikan cahaya antara dua ujung serat dan menemukan penggunaan luas dalam komunikasi serat optik, di mana mereka mengizinkan transmisi dalam jarak yang lebih jauh dan pada bandwidth yang lebih tinggi (kecepatan data) daripada kabel kawat. Serat digunakan sebagai pengganti kabel logam karena sinyal bergerak sepanjang waktu dengan sedikit kehilangan; Selain itu, serat kebal terhadap gangguan elektromagnetik, masalah dari mana kabel logam menderita secara berlebihan. [2] Serat juga digunakan untuk penerangan, dan dibungkus dalam kumpulan sehingga bisa digunakan untuk membawa gambar, sehingga memungkinkan dilihat di ruang tertutup, seperti pada kasus fiberscope. [3] Serat yang dirancang khusus juga digunakan untuk berbagai aplikasi lain, beberapa di antaranya adalah serat optik dan laser serat.

B. Maksut dan Tujuan :

Fungsinya adalah mengarahkan gelombang cahaya dalam satu arah lewat proses terjadinya pembiasan cahaya. sebenarnya kabel fiber optic  akan mengirimkan gelombang cahaya dari satu titik fisik yang lain dengan menangkap cahaya dalam kabel dan memantulkannya kembali ke dalam setiap kali ia mencoba untuk melarikan diri. Hal ini membuat fiber optik  kabel seperti sebuah prisma dimana gelombang cahaya tidak akan dapat melarikan diri dan satu-satunya tempat untuk gelombang cahaya untuk pergi adalah pada ujung kabel fiber optik tersebut.

C. Latar Belakang :

Karna sangat di butuhkan saat ini di dunia industri sangat di butuhkan. Maka dari itu mbah Suro memperkenalkan kami dengan Teknologi Fiber Optic.

D. Fiber Optic Telkom :

https://fibermap.indihome.co.id/

E. Topologi Indihome :


F. Durasi :

2 Jam.

G. Refrensi :

https://fibermap.indihome.co.id/
https://en.wikipedia.org/wiki/Optical_fiber

H. Penutup :

Sekian dari saya Wassalamualaikum wr wb............




No comments:

Post a Comment

Adbox