Sekolahan Tercinta

Breaking

....Jangan sampai Ilmu memperbudak Iman MU....Dan Banyak nya ilmu JANGAN MEMBUAT mu SOMBONG tapi bersyukurlah dan tetap merasa RENDAH HATI...

Saturday 29 July 2017

Pemahaman VOIP


Assalamualaikum wr wb

Hari ini saya menjelaskan tentang VOIP yang sangat perlu pemahaman yang sangat detail dan sampai paham.

A. Pengertian :





Voice over Internet Protocol (juga voice over IP, VoIP atau IP telephony) adalah metodologi dan sekelompok teknologi untuk pengiriman komunikasi suara dan sesi multimedia over Internet Protocol (IP) jaringan, seperti Internet. Istilah internet telephony, telepon broadband, dan layanan telepon broadband secara khusus mengacu pada penyediaan layanan komunikasi (voice, fax, SMS, pesan suara) melalui Internet publik, bukan melalui public switched telephone network (PSTN).

Langkah-langkah dan prinsip-prinsip yang terlibat dalam berasal panggilan telepon VoIP mirip dengan telepon digital tradisional dan melibatkan sinyal, setup saluran, digitalisasi sinyal suara analog, dan encoding. Alih-alih sedang dikirim melalui jaringan circuit-switched; Namun, informasi digital packetized, dan transmisi terjadi sebagai paket IP melalui jaringan packet-switched. Mereka mengangkut stream audio menggunakan protokol pengiriman media khusus yang mengkodekan audio dan video dengan codec audio, dan video codec. Codec ada yang mengoptimalkan aliran media berdasarkan kebutuhan aplikasi dan bandwidth jaringan; beberapa implementasi mengandalkan narrowband dan pidato dikompresi, sementara yang lain mendukung kesetiaan yang tinggi codec stereo. Beberapa codec populer termasuk μ-hukum dan mertua versi G.711, G.722, open source codec suara populer dikenal sebagai iLBC, codec yang hanya menggunakan 8 kbit / s masing-masing cara yang disebut G.729, dan banyak lainnya .

penyedia awal layanan voice-over-IP yang ditawarkan model bisnis dan solusi teknis yang mencerminkan arsitektur jaringan telepon warisan. penyedia generasi kedua, seperti Skype, telah membangun ditutup jaringan untuk basis pengguna pribadi, menawarkan manfaat dari panggilan gratis dan kenyamanan saat berpotensi pengisian untuk akses ke jaringan komunikasi lainnya, seperti PSTN. Ini telah membatasi kebebasan pengguna untuk mencampur-dan-sesuai hardware pihak ketiga dan perangkat lunak. penyedia generasi ketiga, seperti Google Talk, telah mengadopsi konsep federasi VoIP-yang merupakan keberangkatan dari arsitektur jaringan warisan. [1] Solusi ini biasanya memungkinkan interkoneksi dinamis antara pengguna pada dua domain di Internet bila pengguna ingin menempatkan panggilan.

B. Maksut dan Fungsi :


  •  Signalling – Signalling berfungsi untuk menamkap jaringan yang dituju, sehingga dapat melakukan inisialisasi (penyampaian) pesan/percakapan.
  •  Database Service – Layanan database adalah salah satu fungsiVoIP dalam mencari tujuan akhir/endpoint yang harus dituju, sekaligus sebagai penerjemah alamat yang biasanya digunakan dalam duajaringan yang berbeda.
  •  Call Connect/Disconnect (Bearer Control) – Bearer Control memungkinkan si penerima panggilan dapat memutuskan panggilan/menerima panggilan.
  •  Codecs Operations – Berguna sebagai coder ataupun decoderdalam pengubahan/transmitted suara menjadi sinyal digital/paket data ataupun sebaliknya.

C. Cara Kerja VOIP :

Cara Kerja VoIP adalah mengubah suara analog yang didapatkan dari speaker pada Komputer menjadi paket data digital, kemudian dari PC diteruskan melalui Hub/ Router/ ADSL Modem dikirimkan melalui jaringan internet dan akan diterima oleh tempat tujuan melalui media yang sama. Atau bisa juga melalui melalui media telepon diteruskan ke phone adapter yang disambungkan ke internet dan bisa diterima oleh telepon tujuan.
Untuk Pengiriman sebuah sinyal ke remote destination dapat dilakukan secara digital yaitu sebelum dikirim data yang berupa sinyal analog diubah ke bentuk data digital dengan ADC (Analog to Digital Converter), kemudian ditransmisikan, dan di penerima dipulihkan kembali menjadi data analog dengan DAC (Digital to Analog Converter). Begitu juga dengan VoIP, digitalisasi voice dalam bentuk packets data, dikirimkan dan di pulihkan kembali dalam bentuk voice di penerima. Format digital lebih mudah dikendaika, dalam hal ini dapat dikompresi, dan dapat diubah ke format yang lebih baik dan data digital lebih tahan terhadap noise daripada analog.

D. Sejarah VOIP :

Voice over Internet Protocol, disingkat VoIP, adalah teknologi yang cukup baru-baru ini. It goes dengan banyak nama, termasuk Voice Over Broadband (VoBB), Internet Telephony, IP Telephony, dan telepon broadband.
Munculnya Internet membawa dengan itu kelimpahan inovasi mengenai komunikasi. Tentu saja, ada email di awal, tapi kemudian orang-orang mulai bertanya-tanya apakah mereka bisa berkomunikasi secara real-time. Ini membawa pesan instan, yang menempatkan AOL dalam sorotan sebagai penyedia yang paling populer. Tapi, orang lain ingin hubungan yang lebih pribadi - mereka ingin mendengar suara orang lain melalui Internet secara real time, yang membawa kita ke VoIP.

E. Kesimpulan :

Bahwa pemahaman untuk VOIP untuk sangat perlu di pahami karena banyak sekali pengembangan yang dapat kita lakukan.

F. Refrensi :

https://en.wikipedia.org/wiki/Voice_over_IP
https://id.wikibooks.org/wiki/Sejarah_Internet_Indonesia/VoIP_Merdeka
https://translate.google.com/

G. Penutup :

Sekian dari saya Wasalamualaikum wr wb..

No comments:

Post a Comment

Adbox