Sekolahan Tercinta

Breaking

....Jangan sampai Ilmu memperbudak Iman MU....Dan Banyak nya ilmu JANGAN MEMBUAT mu SOMBONG tapi bersyukurlah dan tetap merasa RENDAH HATI...

Saturday 5 August 2017

Diskusi bersama Mbah Suro tentang Open Source


Assalamualaikum wr wb

Hari ini mbah Suro mengajak kita lebih tepatnya murid PKL BLC Telkom Klaten. Untuk membahas tentang sejarah open source apa itu source dll. Selengkapnya akan di jelaskan di bawah ini.

A. Sejarah Open Source :

Pada tahun 1983, Richard Stallman (Tautan ke situs eksternal.) Tautan ke situs eksternal. Meluncurkan Proyek GNU (Tautan ke situs eksternal.) Tautan ke situs eksternal. Untuk menulis sistem operasi yang lengkap bebas dari kendala penggunaan kode sumbernya. Insiden khusus yang memotivasi ini mencakup kasus di mana printer yang mengganggu tidak dapat diperbaiki karena kode sumbernya diputuskan dari pengguna. Stallman juga menerbitkan Manifesto GNU (Tautan ke situs eksternal.) Tautan ke situs eksternal., Pada tahun 1985, untuk menjelaskan proyek GNU (Tautan ke situs eksternal.) Tautan ke tujuan situs eksternal dan jelaskan pentingnya Perangkat lunak bebas Inspirasi lain yang mungkin untuk proyek GNU dan manuvernya (Tautan ke situs eksternal.) Tautan ke situs eksternal. Adalah ketidaksepakatan antara Stallman dan Symbolics, Inc. (Tautan ke situs eksternal.) Tautan ke situs eksternal. Akses MIT terhadap pembaruan Symbolics telah dilakukan pada mesin Lisp-nya, yang didasarkan pada kode MIT. Segera setelah peluncuran, dia menciptakan istilah "perangkat lunak bebas (Tautan ke situs eksternal.) Tautan ke situs eksternal." Dan mendirikan Free Software Foundation (Tautan ke situs eksternal.) Tautan ke situs eksternal. Untuk mempromosikan konsep dan definisi perangkat lunak gratis (Tautan ke situs eksternal.) Tautan ke situs eksternal. Diterbitkan pada bulan Februari 1986. Pada tahun 1989, versi pertama dari GNU General Public License (Tautan ke situs eksternal.) Tautan ke situs eksternal. Diterbitkan. [15] (Tautan ke situs eksternal.) Tautan ke situs eksternal. Versi yang sedikit diperbarui 2 diterbitkan pada tahun 1991.

B. Pengertian :

Perangkat lunak sumber terbuka (bahasa Inggris: open source software) adalah jenis perangkat lunak yang kode sumber-nya terbuka untuk dipelajari, diubah, ditingkatkan dan disebarluaskan.[1] Karena sifat ini, umumnya pengembangannya dilakukan oleh satu paguyuban terbuka yang bertujuan mengembangkan perangkat lunak bersangkutan. Anggota-anggota paguyuban itu seringkali sukarela tetapi bisa juga pegawai suatu perusahaan yang dibayar untuk membantu pengembangan perangkat lunak itu. Produk perangkat lunak yang dihasilkan ini biasanya bersifat bebas dengan tetap menganut kaidah dan etika tertentu.


C. Maksut dan Tujuan :
  •     Open source membebaskan kita dari biaya lisensi karena ia bersifat GNU/GPL (General Public License) yang justru membolehkan kita untuk menggunakan, mempelajari dan memodifikasi serta menyebarluaskan untuk umum. Apalagi untuk sebuah perusahaan besar yang juga menggunakan resource besar. Penggunaan software yang terlalu banyak pasti juga akan menambah biaaya/cost yang besar hanya untuk membeli software
  •     Dengan menggunakan open source kita dapat mengurangi tingkat pembajakan software berlisensi yang bisa merugikan vendor software dan merupakan beban moral bagi para pengguna software bajakan (crack).
  •     Open source yang bersifat terbuka dan dapat kita pelajari source codenya bisa kita jadikan referensi, khususnya bagi seseorang yang bergelut dengan dunia IT.
E. Durasi :

1/2 hari

F. Refrensi :

https://ekonurzhafar.wordpress.com/2012/04/02/pengertian-dan-manfaat-open-source/
https://opensource.org/history

G. Penutup :

Sekian dari saya wasalamualikum wr wb

No comments:

Post a Comment

Adbox